Sabtu, 01 Juli 2017

Tes dan Evaluasi


         Tes standar  merupakan tes yang mengandung prosedur yang seragam untuk menentukan nilai dan administrasinya. Tes standar bisa membandingkan kemampuan murid dengan murid lain pada usia atau level yang sama, dan dalam banyak kasus perbandingan ini dilakukan di tingkat nasional. Sedangkan evaluasi merupakan proses sistematis untuk menetapkan nilai suatu hal seperti hasil, tujuan, atau hal lain berdasarkan kriteria tertentu melalui penilaian.
            Tujuan Tes Standar
  1.        Memberikan informasi tentang kemajuan murid. Tanpa tes eksternal dan objektif, guru di kelas akan kesulitan untuk mengetahui seberapa baikkah kemampuan murid dibandingkan dengan murid di sekolah lain.
  2.        Mendiagnosis kekuatan dan kelemahan murid.  Apabila tes standar digunakan untuk keperluan diagnosis, tes itu biasanya diberikan secara individual, bukan secara kolektif.
  3.       .  Memberikan bukti untuk penempatan murid dalam program khusus.
  4.          Memberikan informasi untuk merencanakan dan meningkatkan pengajaran atau instruksi.
  5.         Membantu administrator mengevaluasi program
  6.          Memberikan akuntabilitas.

Tes Kecakapan dan Prestasi
Tes kecakapan (aptitude test) didesain guna memprediksi kemapuan murid untuk mempelajari suatu keahlian atau menguasai sesuatu dengan pendidikan dan training tingkat lanjut. Tes kecakapan ini mencakup tes kemampuan mental umum seperti tes kecerdasan (Stanford-binet, Wechsler scales, dan sebagainya. Sedangkan tes prestasi yang dimaksud untuk mengukur apa yang telah dipelajari atau keahlian apa yang telah dikuasai murid. Namun perbedaan antara tes prestasi dengan tes kecakapan terkadang kabur. Kedua jenis tes ini menilai status murid, pertanyaan yang dipakai kebanyakan mirip, dan biasanya hasil dari dua jenis tes ini mempunyai korelasi yang tinggi.
Jenis-jenis Tes Prestasi Standar
Ada sejumlah tes prestasi standar , salah satu cara umum untuk mengklarifikasikannya adalah sebagai survey batteries, specific subject test atau diagnostic test, survey batteries. Sebuah survey battery adalah sekelompok tes pokok persoalan individual yang didesain untuk murid level tertentu. Survey batteries adalah tes standar nasional yang banyak digunakan. Beberapa batteri yang umum adalah tes California achievement, terra nova comprehensive test for basic skills, iowa tests of basic skills, metropolitan achievement test, and Stanford achievement test series. Test untuk subjek spesifik, karena tes ini difokuskan pada area spesifik, tes ini biasanya menilai suatu keahlian secara lebih mendetail dan ekstensif ketimbang survey battery. Test diagnostic, terdiri dari evaluasi area pembelajaran spesifik secara relative mendalam. Tujuannya adalah menentukan kebutuhan pembelajaran spesifik dari murid sehingga kebutuhan itu dapat dipenuhi melalui instruksi regular atau remedial.
Ujian Negara Beresiko Tinggi
Negara telah lama mewajibkan ujian atau tes tetapi penekanannya berubah belakang ini. Sebelum 1990-an isinya tidak berhubungan erat dengan apa yang diajarkan dan dipelajari dikelas. Ujian Negara hanya memberikan tinjauan umum atas seberapa baik murid di suatu Negara bagian dalam mata pelajaran tertentu, terutama membaca dan matematika. Keuntungan dan penggunaan tes beresiko tinggi yaitu sejumlah pembuatan kebijakan berpendapat bahwa ujian Negara beresiko tinggi memberikan sejumlah efek positif yaitu : Meningkatkan kinerja murid, lebih banyak waktu untuk mengajarkan pelajaran yang diujikan, ekspektasi tinggi untuk semua murid, Identifikasi guru, sekolah dan administrator yang berkinerja payah,meningkatkan rasa percaya diri di sekolah setelah ujian naik.
Kritikan terhadap ujian negara yaitu : Mengumpulkan kurikulum dengan penekanan lebih besar pada hapalan ketimbang keahlian berfikir dalam memecahkan masalah, guru mengajar demi ujian, diskriminasi terhadap murid dari status sosioekonomi rendah dan minoritas.

0 komentar:

Posting Komentar

 
itsaboutcrochet Blogger Template by Ipietoon Blogger Template