Tes
standar merupakan tes yang mengandung
prosedur yang seragam untuk menentukan nilai dan administrasinya. Tes standar
bisa membandingkan kemampuan murid dengan murid lain pada usia atau level yang
sama, dan dalam banyak kasus perbandingan ini dilakukan di tingkat nasional.
Sedangkan evaluasi merupakan proses sistematis untuk menetapkan nilai suatu hal
seperti hasil, tujuan, atau hal lain berdasarkan kriteria tertentu melalui
penilaian.
Tujuan
Tes Standar
- Memberikan informasi tentang kemajuan murid. Tanpa tes eksternal dan objektif, guru di kelas akan kesulitan untuk mengetahui seberapa baikkah kemampuan murid dibandingkan dengan murid di sekolah lain.
- Mendiagnosis kekuatan dan kelemahan murid. Apabila tes standar digunakan untuk keperluan diagnosis, tes itu biasanya diberikan secara individual, bukan secara kolektif.
- . Memberikan bukti untuk penempatan murid dalam program khusus.
- Memberikan informasi untuk merencanakan dan meningkatkan pengajaran atau instruksi.
- Membantu administrator mengevaluasi program
- Memberikan akuntabilitas.
Tes Kecakapan dan
Prestasi
Tes
kecakapan (aptitude test) didesain guna memprediksi kemapuan murid untuk
mempelajari suatu keahlian atau menguasai sesuatu dengan pendidikan dan
training tingkat lanjut. Tes kecakapan ini mencakup tes kemampuan mental umum
seperti tes kecerdasan (Stanford-binet, Wechsler scales, dan sebagainya.
Sedangkan tes prestasi yang dimaksud untuk mengukur apa yang telah dipelajari
atau keahlian apa yang telah dikuasai murid. Namun perbedaan antara tes
prestasi dengan tes kecakapan terkadang kabur. Kedua jenis tes ini menilai
status murid, pertanyaan yang dipakai kebanyakan mirip, dan biasanya hasil dari
dua jenis tes ini mempunyai korelasi yang tinggi.
Jenis-jenis Tes
Prestasi Standar
Ada
sejumlah tes prestasi standar , salah satu cara umum untuk
mengklarifikasikannya adalah sebagai survey batteries, specific subject test
atau diagnostic test, survey batteries. Sebuah survey battery adalah sekelompok
tes pokok persoalan individual yang didesain untuk murid level tertentu. Survey
batteries adalah tes standar nasional yang banyak digunakan. Beberapa batteri
yang umum adalah tes California achievement, terra nova comprehensive test for
basic skills, iowa tests of basic skills, metropolitan achievement test, and
Stanford achievement test series. Test untuk subjek spesifik, karena tes ini
difokuskan pada area spesifik, tes ini biasanya menilai suatu keahlian secara
lebih mendetail dan ekstensif ketimbang survey battery. Test diagnostic, terdiri
dari evaluasi area pembelajaran spesifik secara relative mendalam. Tujuannya
adalah menentukan kebutuhan pembelajaran spesifik dari murid sehingga kebutuhan
itu dapat dipenuhi melalui instruksi regular atau remedial.
Ujian Negara Beresiko
Tinggi
Negara
telah lama mewajibkan ujian atau tes tetapi penekanannya berubah belakang ini.
Sebelum 1990-an isinya tidak berhubungan erat dengan apa yang diajarkan dan
dipelajari dikelas. Ujian Negara hanya memberikan tinjauan umum atas seberapa
baik murid di suatu Negara bagian dalam mata pelajaran tertentu, terutama
membaca dan matematika. Keuntungan dan penggunaan tes beresiko tinggi yaitu
sejumlah pembuatan kebijakan berpendapat bahwa ujian Negara beresiko tinggi
memberikan sejumlah efek positif yaitu : Meningkatkan kinerja murid, lebih
banyak waktu untuk mengajarkan pelajaran yang diujikan, ekspektasi tinggi untuk
semua murid, Identifikasi guru, sekolah dan administrator yang berkinerja
payah,meningkatkan rasa percaya diri
di sekolah setelah ujian naik.
Kritikan
terhadap ujian negara yaitu : Mengumpulkan kurikulum dengan penekanan lebih
besar pada hapalan ketimbang keahlian berfikir dalam memecahkan masalah, guru mengajar
demi ujian, diskriminasi terhadap murid dari status sosioekonomi rendah dan
minoritas.
0 komentar:
Posting Komentar